Laporan Pelaksanaan Webinar “Tips & Triks Publikasi Ilmiah, untuk Percepatan Peningkatan Jabatan Fungsional Akademik Dosen”

Banner Webinar “Tips & Triks Publikasi Ilmiah, untuk Percepatan Peningkatan Jabatan Fungsional Akademik Dosen”

Dalam rangka meningkatkan semangat publikasi ilmiah bagi dosen Universitas Binawan di masa pandemi Corona Virus Diseases (COVID)-19, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Binawan menyelenggarakan Webinar tentang “Tips & Triks Publikasi Ilmiah, untuk Percepatan Peningkatan Jabatan Fungsional Akademik Dosen”. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jum’at, 5 Juni 2020.

Kegiatan webinar ini bertujuan untuk Penguatan Internal semangat Publikasi Ilmiah bagi dosen-dosen di Universitas Binawan, akan tetapi pada pelaksanaannya banyak dosen-dosen dan peneliti dari kampus lain yang bergabung dan mengikuti webinar ini.

Webinar “Tips & Triks Publikasi Ilmiah, untuk Percepatan Peningkatan Jabatan Fungsional Akademik Dosen” ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Binawan, Bapak Dr. M. Sofyan Hawadi, MA. Rektor Universitas Binawan menekankan untuk mengoptimalisasi dan merevitalisasi jurnal ilmiah yang ada di Universitas Binawan, serta melakukan pengembangan dan kolaborasi dengan berbagai institusi yang lain. Selain itu, Rektor Universitas Binawan juga menghimbau agar penelitian di Universitas Binawan bisa melampui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

Sebagai narasumber pada kegiatan ini sekaligus wakil rektor Bidang Penjaminan Mutu Universitas Binawan, Ibu Dr. Ayu Dwi Nindyati, MSi, Psikolog, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Ninin, menyampaikan bahwa melakukan Publikasi Ilmiah adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan bagian dari tugas seorang dosen. Melakukan publikasi bagi seorang peneliti harus menjadi sesuatu yang menyenangkan. Selain itu, publikasi ilmiah juga menjadi hal penting untuk mempercepat peningkatan jenjang Jabatan Fungsional Akademik (JFA) seorang dosen. Beberapa hal penting yang ditekankan oleh Ibu Ninin sebagai langkah sederhana apabila dosen akan melakukan publikasi antara lain, bisa dimulai dengan membangun research literacy yang kuat, dengan membuat akun seperti Research Gate, Orcid, Google Scholar dan Linkedin. Beliau juga menghimbau untuk tidak pernah berhenti mencoba untuk melakukan publikasi, berkolaborasi dengan peneliti lainnya yang sudah pernah publikasi, dan pasang midsetnever ending learning’. Yakini bahwa berbagi ilmu adalah hal yang membahagiaan dan tidak akan mengurangi keilmuan kita.

Peserta Webinar “Tips & Triks Publikasi Ilmiah, untuk Percepatan Peningkatan Jabatan Fungsional Akademik Dosen”

Adapun kegiatan webinar dipandu oleh moderator Ibu Maryuni, SKM, MKM, yang juga menjabat sebagai Ketua LPPM Universitas Binawan. Sebanyak 250 peserta mengikuti kegiatan webinar ini. Peserta webinar sangat antusias selama mengikuti webinar, yang terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber saat webinar berlangsung. Kegiatan webinar ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Google Meet dan live streaming melalui Youtube Universitas Binawan.