Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menyadari bahwa kemampuan administrasi, keuangan, dan penyusunan dokumen dalam rangka mendukung program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat masih perlu ditingkatkan untuk menjawab banyaknya persoalan. Oleh karena itu, upaya-upaya kreatif dosen dalam melaksanakan penelitian sangat diperlukan dengan menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta, baik di dalam maupun di luar negeri.

Berdasarkan hal tersebut, LPPM menyusun dan menerbitkan panduan pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Binawan 2020. Buku Pedoman ini menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bagi dosen di lingkungan Universitas Binawan. Dengan penerbitan Buku Pedoman ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan program-program yang dikeluarkan oleh LPPM Universitas Binawan agar dapat dipertanggungjawabkan secara lebih baik tanpa mengurangi kreativitas para dosen pengusul.

Pedoman Pelaksanaan Penelitian Universitas Binawan

Buku Pedoman Pelaksanaan Penelitian ini menjelaskan tentang kebijakan atau mekanisme pengelolaan Penelitian di Universitas Binawan yang dananya berasal dari Universitas Binawan. Buku Pedoman ini memuat uraian setiap skema Program Penelitian dan Pedoman Publikasi Ilmiah Penelitian, yang di dalamnya juga memuat penjelasan rinci tentang tata cara pengajuan, seleksi proposal, monitoring dan evaluasi pelaksanaan, serta pelaporan hasil kegiatan.

Pedoman Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Universitas Binawan

Dalam pedoman ini diuraikan tentang tujuan program dan kegiatan PKM, kebijakan pengabdian masyarakat Universitas Binawan, skema dan proporsi program, lokasi prioritas pengabdian masyarakat, ketentuan umum, aspek-aspek pendanaan, tahapan kegiatan serta pengelolaan PKM. Selain itu juga dijelaskan tentang kewajiban pelaksana PKM, luaran pengmas, serta sistematika proposal PKM.