Kelurahan Rawajati merupakan kelurahan yang berada di Wilayah Kotamadya Jakarta Selatan, tepatnya berada di pinggiran Kali Ciliwung, dimana setiap musim hujan datang wilayah ini seringkali terkena banjir. Adapun salah satu daerah yang tiap tahun terkena dampak banjir adalah   Wilayah RW 07  yang berada di Jl. Binawarga – Kelurahan Rawajati – Kecamatan Pancoran –Jakarta Selatan. Wilayah RW 07 kelurahan Rawajati meliputi 6 RT, dengan  luas wilayah sekitar 8 hektar dan di dalamnya ada 4 hektar khusus ditempati rumah penduduk.

Banjir terparah yang melanda kawasan RW 07 kelurahan Rawajati terjadi pada bulan Februari 2018 dengan ketinggian sampai 3 meter di wilayah yang dekat dengan kali Ciliwung dan juga pada akhir Desember 2019. Akibat banjir tersebut menyebabkan banyak rumah dan  fasilitas umum seperti taman pintar dan taman hatinya PKK mengalami kerusakan. 

Oleh karena itu, diperlukan adanya solusi khusus yang bisa melindungi fasilitas umum dan perumahan warga saat banjir datang salah satunya melalui penanaman pohon di pinggiran kali Ciliwung khususnya di Wilayah RW 07 Kelurahan Rawajati yang merupakan daerah langganan banjir. 

Kampus Universitas Binawan berada tepat disamping Kelurahan Rawajati, oleh karena dalam rangka menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya dalam bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Binawan pada tanggal 11 Desember 2020 bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Manajemen (STIMA) IMMI melakukan pengabdian masyarakat berupa penanaman pohon di pinggiran Kali Ciliwung tepatnya di RW 07 Kelurahan Rawajati. Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Binawan Dr. Ir. Illah Sailah, MS dan juga dihadiri oleh Ibu Norsanty, S.Kom. sebagai perwakitan LLDIKTI Wilayah III dan juga oleh ketua STIMA IMMI. Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga mendapat dukungan dari PT Bank INA Perdana dan juga dari BPJS ketenagakerjaan. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini juga melibatkan beberapa dosen dan juga mahasiswa Universitas Binawan.

Gambar : Penanaman Pohon di Pinggiran Kali Ciliwung di Wilayah RW 07 Kelurahan Rawajati oleh Rektor Universitas Binawan, Ibu Illah Sahilah

Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat berupa penanaman pohon ini diharapkan dalam jangka panjang bisa mengurangi dampak banjir ke pemukiman warga di lingkungan RW 07 kelurahan Rawajati dan juga tentunya bisa memperindah pinggiran Kali Ciliwung.


Gambar : Penanaman Pohon di Pinggiran Kali Ciliwung di Wilayah RW 07 Kelurahan Rawajati oleh Rektor Universitas Binawan, Ibu Illah Sahilah

Foto bersama Tim Pengabdi Rektor, Wakil Rektor, Dosen dan Mahasiswa Universitas Binawan