Perguruan tinggi di Indonesia mempunyai tugas penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang umum disebut Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan penelitian merupakan urat nadi kehidupan dan menjadi salah satu misi utama perguruan tinggi. Penyelenggaraan dan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat memerlukan adanya kebijakan strategis yang mencakup diantaranya melaksanakan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Diseminasi dapat diartikan secara sederhana sebagai “menyebarluaskan”.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Binawan mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai setiap kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di Universitas Binawan, yang bersumber dari dana internal maupun hibah seperti hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) maupun skema lainnya. Pada tahun 2020 Universitas Binawan memperoleh hibah penelitian sebanyak 24 Hibah PDP dibiayai oleh Kemenristek Dikti dan beberapa penelitian bersumber dari dana Institusi Universitas Binawan. Dalam upaya tersebut di atas, maka dosen-dosen peneliti dilingkungan Universitas Binawan diwajibkan untuk mengikuti diseminasi hasil penelitian yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pertanggungjawaban akademik yang dilakukan oleh setiap peneliti terhadap kegiatan penelitian yang telah dilakukan. Kegiatan diseminasi hasil penelitian bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap stakeholder dan masyarakat luas. Selain itu dalam rangka meningkatkan luaran penelitian, terutama publikasi ilmiah pada jurnal Nasional atau jurnal Intenasional.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  Universitas Binawan mengadakan Seminar Nasional dan Diseminasi Hasil Penelitian Dosen-dosen Universitas Binawan tahun 2020 dengan mengundang Keynote Speaker Bapak Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. Ketua  LLDIKTI Wilayah III dengan tema “Optimalisasi Peran Perguruan Tinggi di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat” dan  narasumber internal Ibu Dr. Ir. Illah Sailah, M.S. selaku Rektor Universitas Binawan dengan materi “Penguatan Kapasitas Dosen dalam Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dalam rangka mewujudkan SDM unggul”. Seminar Nasional dan Diseminasi Hasil Penelitian Dosen Universitas Binawan Tahun 2020 yang dilaksanakan pada Kamis, 14 Januari 2021 secara daring dengan jumlah Presenter sebanyak 28 peserta yang mempresentasikan hasil-hasil penelitiannya dibidang Kesehatan, sosial Humaniora, Science Tekhnologi dan dan jumlah peserta webinar sebanyak 320 orang yang berasal dari berbagai perguruan tinggi lainnya.

Dengan adanya kegiatan Seminar Nasional dan diseminasi hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan budaya riset dikalangan dosen-dosen Universitas Binawan serta menghasilkan penelitian-penelitian dan publikasi Ilmiah yang berkualitas.